Pemkab Asahan Gelar Rembuk Stunting

Pemkab Asahan Gelar Rembuk Stunting

topmetro.news Pemerintah Kabupaten Asahan menggelar kegiatan Rembuk Stunting di aula Hotel Sabty Garden-Kisaran, Jumat (25/6/2021).

Kegiatan ini dihadiri Bupati Asahan, Ketua DPRD Asahan, Team Leader Regional I Medan, Tenaga Ahli Bangda Kemendagri, tim percepatan penuruan dan pencegahan stunting Sumut dan Asahan, OPD, Camat, Lurah serta juga Kepala Desa.

Kadis Kesehatan Asahan dr Elfina br Tarigan mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk menyampaikan hasil analisis situasi dan rancangan rencana kegiatan intervensi penurunan stunting Asahan, mendeklarasikan komitmen Pemerintah Daerah dan membangun komitmen public.

Output kegiatan rembuk stunting ini adalah komitmen penurunan stunting. Yang ditandatangani Bupati, DPRD, Kepala Desa, OPD dan juga Non Pemerintah dan masyarakat. Serta rencana intervensi gizi terintegrasi penurunan stunting yang telah disepakati lintas sektor. Untuk dilaksanakan pada tahun berjalan dan dimuat dalam RKPD atau Renja OPD tahun berikutnya.

Bupati Asahan, H Surya BSc mengatakan untuk penurunan dan pencegahan stunting memerlukan intervensi terpadu. Mencakup intervensi gizi spesifik dan gigi sensitif. Sejalan dengan inisiatif percepatan penurunan stunting, Pemerintah meluncurkan Gerakan Nasional Percepatan Perbaikan Gizi (Gernas PPG). Yang ditetapkan melalui Peraturan Presiden Nomor 42 tahun 2013 tentang gerakan nasional percepatan perbaikan gizi dalam kerangka 1.000 hari pertama kehidupan (HPK).

Untuk mendukung terintegrasinya pelaksanaan intervensi penurunan stunting di Asahan, terdapat 8 aksi dalam integrasi yang akan memperkuat efektivitas intervensi stunting mulai dari, analisa situasi program penurunan stunting, penyusunan rencana kegiatan, rembuk stunting, penetapan peraturan Bupati, pembinaan kader pembangunan manusia, sistem manajemen data, pengukuran dan publikasi stunting serta reviu kinerja tahunan.

Rembuk stunting merupakan kegiatan penurunan stunting. Sehingga dapat mewujudkan visi misi Bupati Asahan. Yaitu untuk mewujudkan masyarakat Asahan sejahtera, religius dan berkarakter. Diakhir acara Bupati Asahan juga menandatangani komitmen upaya  pencegahan dan penurunan stunting.

Penulis: En

Related posts

Leave a Comment